Rabu, 12 November 2014

POTENSI PARIWISATA YANG BELUM DIKEMBANGKAN (SUMBA BARAT)

Wilayah Kabupaten Sumba Barat sebenarnya memiliki berbagai potensi kepariwisataan, terutama yang berjenis wisata alam dan budaya, pantai-pantai yang berada disumba barat sangat eksotis, air terjun, dan budaya wulla poddu dan pasola yang hanya ada di pulau sumba, namun potensi kepariwisataan tersebut belum dikelola dan dikembangkan dengan baik oleh Pemerintah Daerah. Harus disadari bahwa wisatawan melakukan perjalanan wisata ke suatu daerah tujuan wisata tertentu adalah untuk mencari pengalaman baru, menemukan sesuatu yang aneh dan belum pernah disaksikannya. Wisatawan biasanya lebih menyukai sesuatu yang berbeda dari apa yang pernah dilihat, dirasakan, dilakukan di negara dimana biasanya ia tinggal. mengemas produk pariwisata harus mempertahankan keaslian lingkungan karena selalu lebih menarik dari pada yang dibuat-buat. Apabila daerah pariwisata kita dikelola dengan baik maka akan tercipta lapangan kerja, dimana pada umumnya pariwisata merupakan industri padat karya dimana tenaga kerja tidak dapat digantikan dengan modal atau peralatan dan juga akan menambah pendapatan asli daerah sumba barat itu sendiri.

Modal utama kabupaten Sumba Barat yang menarik kedatangan wisatawan :
1. potensi alam merupakan salah satu faktor pendorong seorang melakukan perjalanan wisata karena ada orang berwisata hanya sekedar menikmati keindahan alam, ketenangan alam, serta ingin menikmati keaslian fisik. Pantai-pantai yang berada di kabupaten sumba barat belum dikelola dengan baik.
2. potensi kebudayaannnya meliputi adat istiadat dan segala kebiasaan yang hidup di tengah-tengah kehidupan. Masyarakat sumba barat memiliki berbagai ritual adat istiadat yang unik dan menjadi daya tarik wisatawan.
3. Letak pulau sumba yang berdekatan dengan pulau Bali dan Lombok yang merupakan daerah Pariwisata unggulan sebagai daerah tujuan pariwisata turis mancanegara dan domestik

Kekayaan potensi alam dan budaya yang dimiliki masyarakat Kabupaten Sumba Barat perlu diberdayakan dan ditingkatkan perannya untuk menunjang pembangunan pariwisata itu sendiri. Untuk menunjang pengembangan obyek wisata, aksesibilitas menuju ke obyek dan daya tarik wisata yang terdapat di berbagai kawasan Kabupaten Sumba barat perlu ditingkatkan. Sarana wisata termasuk akomodasi, catering facilities, sarana komunikasi, sarana transportasi, dan sarana terkait lainnya perlu ditingkatkan untuk memberi kemudahan baik kepada wisatawan maupun masyarakat setempat.

Pemerintah daerah harus berani mengembangkan daerah wisata menjadi lebih baik melalui kebijakan-kebijakan yang potensial demi menunjang pengembangan daerah pariwisata, karena kabupaten sumba barat di dukung oleh Wisata alam dan budaya yang sangat menarik dan unik yang hanya ada di kabupaten ini dan kita juga di dukung oleh letak pulau sumba yang berdekatan dengan daerah pariwisata terkenal seperti pulau Bali dan Lombok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar